Home » , »

Memasak Puding Telur Ceplok (sunny side up eggs pudding)

Memasak Puding Telur Ceplok (sunny side up eggs pudding)

Written By Nunung Sari on Monday, November 11, 2013 | 10:00:00 PM

Puding Telur Ceplok

Sebenarnya resep dari puding telur ceplok ini sangat bebas kreasi, asal bisa mirip telur ceplok aja. Kuningnya mo dibikin dari agar-agar/jeli bubuk (dengan perasa dan warna oranye) boleh, putihnya mo dibikin dari putih telur atau pakai santan, atau pakai susu SKM, atau pakai susu UHT bebas. Semua disesuaikan dengan selera.

Berikut ini resep puding telur ceplok ala saya, takaran sebenarnya kira2 sih, karena timbangan yang rusak belum menemukan pengganti. Jadi silahkan disesuaikan dengan selera masing-masing ya.

bahan 1 :
  • 250 gr Kabocha (labu kuning khas jepang)
  • 1/2 bungkus Agar-agar tanpa pewarna
  • 1/2 sdt Jeli bubuk tanpa rasa
  • 5 sdm gula pasir
  • 100 ml + 350 ml air

caranya :
  1. Kukus labu kuning, dinginkan, haluskan dengan 100 ml air
  2. Masukkan labu kuning halus ke dalam panci, tambahkan air. Masukkan bubuk agar-agar, jeli bubuk dan gula, aduk rata
  3. Panaskan panci, masak adonan sambil diaduk hingga mendidih
  4. Tuang ke dalam cetakan bentuk bulat yang telah dipoles air matang (ga perlu cetakan khusus, pakai mangkok juga bisa, pastikan bagian bawah mangkok membulat alias tidak ada sudut). Dinginkan
  5. Lepaskan dari cetakan, letakkan tepat di tengah wadah datar bentuk bulat

bahan 2 :
  • 1/2 bungkus agar-agar tanpa pewarna
  • 1/2 sdt Jeli bubuk tanpa rasa
  • 6 sdm gula pasir
  • 500 ml susu UHT

Caranya :
  1. Campur agar-agar, jeli bubuk dan gula. Aduk rata
  2. Tuang air. Masak sambil diaduk hingga mendidih
  3. Angkat dari api, tuang pelan-pelan ke dalam wadah yang sebelunya sudah diletakkan bagian kuning puding.
  4. Biarkan dingin dan mengeras. Lebih nikmat disantap saat sudah didiamkan di kulkas

Semoga masakan temen2 semua makin disukai oleh suami.

Semoga Cara

Memasak Puding Telur Ceplok (sunny side up eggs pudding)

bermanfaat bagi Anda, dan masakan Anda akan terasa lebih lezat dan mantap.

Jika ada usul dan saran buat DAPUR KITA, silahkan beri komentarnya yang ada di bawah, agar Dapur Kita menjadi lebih lengkap dengan menu masakan kita.
Terima Kasih.


Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts